PLTA Batang Toru

Penjelasan Proyek

Pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Batang Toru dengan kapasitas 4×127,5 MW ini berlokasi di Sungai Batang Toru, Desa Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Pembangunan Proyek ini menggunakan konsep run-off hydro system dan irit lahan. Besaran lahan hanya seluas 122 ha dengan luas bangunan 56 ha dan luas genangan maksimal 66 ha. Proyek ini berkontribusi sekitar 15 persen dari beban puncak Sumatera Utara. Target operasi (Commercial Operation Date/COD) PLTA Batang Toru pada 2022. Secara pola pengoperasian, proyek ini bertipe Peaker.

PJBI mendapatkan penugasan dari PJB untuk menjadi Project Sponsor dan Pemegang Saham dalam pengembangan IPP PLTA Batang Toru, efektif pada 31 Agustus 2017. Kepemilikan saham PJBI di JVC IPP PLTA Batang Toru yaitu PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) mencapai 25 persen.

Penandatanganan kontrak PPA NSHE dan PLN telah dilaksanakan pada 21 Desember 2015 sebagai bagian dari  upaya untuk memaksimalkan potensi sumber energi terbarukan dalam proses produksi listrik dalam negeri. Fase konstruksi PLTA Batang Toru telah dimulai pada akhir 2017.